Pengertian Manajemen & Fungsi-fungsi Manajemen
Hello, ada yang sekolah manajemen kah?
Yang perlu materi-materinya bisa dibaca nih, semoga membantu yaa :)
Yang perlu materi-materinya bisa dibaca nih, semoga membantu yaa :)
1.
Pengertian
Manajemen
Ada beberapa
definisi mengenai manajemen yang diberikan oleh para ahli. Robbins dan Coulter (1999) menyebutkan
manajemen adalah proses pengkoordinasian dan pengintegrasian kegiatan-kegiatan
kerja agar diselesaikan secara efektif dan efisien melalui orang lain. 2 kata penting yang saling terkait di sini
adalah pengkoordinasian orang lain dan efektif efisien.
Pengkoordinasian orang lain artinya melibatkan orang lain, sedangkan
efektif dan efisien untuk menunjukkan berdaya guna dan berhasil guna. Pengkoordinasian orang lain tidak berarti
kegiatan tidak dapat dilakukan sendiri, hanya saja dalam pertimbangan
efektifitas dan efisiensi, perlu pelibatan orang lain. Lalu untuk dapat tercapai secara optimal
pelibatan tersebut, perlu dikelola atau ada proses atau upaya pengkoordinasian
yang disebut manajemen.
Ahli-ahli lain
juga memberikan definisi yang kurang lebih sama. Gibson, Donelly, dan Ivancevich (1996)
menyebutkan manajemen adalah proses yang dilakukan seorang atau beberapa orang
untuk mengkoordinasikan aktifitas orang lain untuk mencapai hasil-hasil yang
tidak dapat dicapai oleh orang itu sendiri.
Follet dalam Stoner dan Wankel (1986), menyebutkan bahwa manajemen
adalah seni untuk melakukan sesuatu melalui orang lain. Kemudian Siagian dalam Dadang dan Sylvana
(2007) mengemukakan bahwa manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk
memperoleh sesuatu dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain.
Manajemen
merupakan suatu ilmu dan juga suatu seni.
Sebagai suatu ilmu, manajemen harus memiliki landasan keilmuan yang
kokoh. Sebagai seni, maka manajemen dipraktekkan berdasarkan keterampilan yang
diterapkan untuk mencapai hasil yang diinginkan
Dari
batasan-batasan tersebut, dapat dikatakan bahwa manajemen adalah ilmu dan seni
yang mempelajari bagaimana mengelola manusia melalui orang lain.
2. Fungsi-fungsi Manajemen
Robbins dan
Coulter (1999) menyebutkan bahwa fungsi-fungsi manajemen adalah perencanaan,
pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan.
·
Perencanaan
Mencakup
pendefinisian tujuan, penetapan strategi, dan mengembangkan rencana untuk
mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan.
·
Pengorganisasian
adalah
menentukan tugas apa saja yang dikerjakan, siapa yang mengerjakan, bagaimana
tugas-tugas dikelompokkan, siapa melapor kepada siapa, dan pada tingkat mana
keputusan harus dibuat.
·
Kepemimpinan
meliputi
kegiatan-kegiatan memotivasi bawahan, mengarahkan, menyeleksi saluran
komunikasi yang paling efektif, dan memecahkan konflik.
·
Pengendalian
meliputi
pemantauan kegiatan-kegiatan untuk memastikan bahwa semua orang mencapai apa
yang telah direncanakan dan mengkoreksi penyimpangan-penyimpangan yang ada.
0 Komentar