Heaven for Freelancer😘
Heaven for FreelancerSitus tepat penggemar Freelance

Assalamu'alaykum wr.wb

Lagi perlu uang tambahan untuk kebutuhan "Sekunder"? Atau lagi nganggur tapi cari kerja susah minta ampun? Emm atau juga bagi par working mom yang bosan kerja pengen dirumah tapi bosen jadi pengen bisa kerja dirumah plus dapet penghasilan tambahan (banyak maunya ya wkwkwk πŸ‘»πŸ‘» πŸ‘»πŸ‘»πŸ‘»πŸ‘»)? Let s turn become a Freelancer.

Hi sayang sayangku, para Mahmud dan sista sista sosialita lainnya. Makin hari zaman makin canggih, tinggal pilih mau ketinggalan zaman atau mengikuti zaman? Thats mean, how much we use Technologies for increase our life s tinggi?
zaman sekarang siapa yang ga pernah internetan (selain nenek, kakek, buyut dan orang tua mereka yah 😹😹). But how useful it is? Masih dikit banget yang benar benar memanfaatkan fungsi dari internet ini. Really 😨? Bisa kita liat situs apa yang paling sering digunakan sehari hari? Yap, social media (well, i use it too 😁😁). Tapi situs lain mugkin jarang dilirik padahal manfaatnya banyaaaaak banget. Apa sih yang ga bisa di cari di google? So, let maximize your gadget to increase your life s tinggi hehehehhe (keukeuh πŸ˜…πŸ˜…).

 Freelancer atau pekerja lepas waktu. Dibayar tapi waktunya fleksibel bisa kerja dimana aja. Mau dirumah di kamar, bahkan di kamar mandi (ngapain? 😷😷), intinya manywhere we can do our job. Jadi pedangang juga enak sih, cuma ya buat orang orang yang skill dagangnya belum keluar (kaya aku πŸ’ƒπŸ’ƒ) freelance jadi pilihan yang bisa dilirik. Langsung aja deh ya kebanyak chit chat nih, .. Check these out!


Say Goodbye for KANKER (Kantong Kerring πŸ‘»πŸ’™πŸ‘…πŸ‘…)

Butuh pemasukan tambahan? Kebutuhan sekunder lebih besar dari kebutuhan primer yaaa (aku bangettt πŸ’‡πŸ’†πŸ‘ƒπŸ’‹πŸ‘€πŸ˜ž), yang harus kamu lakukan pertama adalah menjelajah situs pekerja lepas alias freelance yang pastinya bisa mengatasi kesulitan finansialmu. Pekerjaan tambahan bisa di check dari beberapa situs di bawah ini!

1. Upwork
Dengan klien lebih dari 1,5 juta, Upwork (yang sebelumnya adalah oDesk) menawarkan sesuatu yang berbeda untuk setiap pekerja lepas. Mulai dari proyek jangka pendek sampai panjang, per jam atau per proyek, dan kamu juga bisa menyesuaikan kemampuanmu dalam setiap proyek.

2. Toptal
Dengan pendekatan yang berbeda, Toptal jelas diperuntukkan untuk karyawan lepas yang benar-benar berbakat. Jika kamu lolos seleksi di Toptal, kamu akan mendapatkan akses tak terbatas ke berbagai proyek keren seperti JPMorgan, Zendesk, Airbnb dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa bergabung dengan forum Toptal untuk selalu tahu informasi terbaru soal Toptal dan berdiskusi dengan pekerja lepas lainnya.


3. Serba50ribu
Serba50ribu sangat mirip dengan Gobann. Situs ini juga menerapkan upah Rp50.000 untuk setiap jasa yang ditawarkan oleh para freelancer. Bedanya, jika di Gobann pengguna disederhanakan dengan menu Kangtao dan Demand, Serba50ribu hanya menyediakan ragam kategori jasa. Tampilan situs Serba50ribu juga tidak semenarik Gobann. Meskipun demikian, sama seperti Gobann, Anda bisa menemukan berbagai penawaran jasa yang unik di situs ini. Serba50ribu menyediakan dua metode pembayaran yakni melalui transfer bank dan PayPal

4. Freelancer
Gak seperti platform lainnya, untuk membuatmu makin tajir, Freelancer akan memberimu kesempatan untuk berkompetisi dengan pekerja lepas lainnya untuk membuktikan kemampuanmu. Jika kamu cukup kompetitif dan percaya diri, kamu bisa menarik banyak klien untuk memercayai kemampuanmu.

5. Craigslist
Meskipun banyak yang melihat bahwa Craigslist adalah tempat untuk jual beli barang, sebenarnya Craiglist adalah tempat yang tepat untuk pekerjaan lepas. Kamu bisa menelurusi dengan mudah penawaran lokal yang sesuai dengan minatmu.

6. Guru
Situs ini akan menampilkan pekerjaanmu sebelumnya, dan menawarkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuanmu untuk memastikan bahwa kamu gak melewatkan satu kesempatan bagus.

7. 99designs
Siapa yang gak tahu 99designs? Bagi kamu yang memang menyukai dunia desain, pasti tahu situs pekerja lepas terbesar yang memuat berbagai kontes dalam pembuatan logo dan ilustrasi. Setiap klien akan memberikan umpan balik terhadap pekerjaanmu sehingga kamu akan selalu tahu apa yang kurang dari desainmu.

8. Peopleperhour
Peopleperhour adalah wadah yang bagus untuk para pekerja lepas proyek website. Jika kamu desainer, website developer, spesialis SEO, situs ini jelas harus kamu coba.

9. Freelance Writing Gigs
Entah kamu penulis, editor, blogger, penerbit, atau kombinasi dari semua itu. Situs ini adalah pilihan yang tepat untuk karyawan lepas yang sering berkutat dengan kata-kata.

10. Demand Media
Demand Media adalah wadah untuk para orang kreatif, termasuk penulis, pembuat film, sutradara, fotografer dan lain lain. Kamu akan bekerja dengan sebuah situs untuk membuat konten kreatif dan menarik pembaca serta memromosikan bakatmu.

11. College perekrut
Sama seperti namanya, College perekrut memang diciptakan untuk kamu yang masih kuliah atau baru saja lulus dan mencari pekerjaan lepas untuk segala bidang. Lumayan kan, bisa dimasukin portofolio dan membantumu buat menaikkan karier.

12. GetACoder
Situs ini dibuat untuk para penulis, desainer website dan programmer lepas. Persis seperti bisnis startup kecil yang lagi membutuhkan ide situs website baru. GetACoder akan memberimu jutaan tawaran proyek untuk dikerjakan.

13. iFreelance
Situs ini hampir sama seperti situs pekerja lepas lainnya, cuma di sini kamu bisa menyimpan 100 persen pendapatanmu dan gak perlu takut kena pajak.

14. Project4hire
Dengan ratusan kategori, Project4hire akan memiliki pekerjaan yang memang sesuai dengan kemampuanmu. Situs ini cocok untuk para programmer, konsultan, desainer dan lain-lain.

15. SimplyHired
Dengan jangkauan yang lebih luas dari situs lainnya, SimplyHired pas untuk semua orang. Mulai dari bidang penjualan hingga pekerja konstruksi.

16. Freelancer Indonesia
Untuk saat ini, Freelancer Indonesia mungkin merupakan situs marketplace untuk freelancer terbesar di Indonesia. Situs ini sejatinya merupakan versi Indonesia Freelancer yang merupakan startup asal Australia. Pada Agustus tahun lalu, Freelancer Indonesia mengklaim memiliki lebih dari 350.000 freelancer dan 25.000 perusahaan atau pencari jasa.

Pada situs ini, Anda bisa menelusuri beragam proyek dari berbagai sektor seperti IT, jurnalistik, jasa penerjemahan, marketing, desain, dan masih banyak lagi. Proyek-proyek tersebut biasanya ditampilkan dengan nama dan deskripsi proyek, keahlian yang dibutuhkan, tenggat waktu, jumlah pelamar, dan upah. Uniknya, Anda bisa menawar atau melelang upah untuk mengerjakan proyek. Selain proyek reguler, ada juga kontes yang bisa Anda ikuti, dimana Anda bersaing dengan freelancer lain untuk mengerjakan proyek yang hasilnya akan dinilai dan dipilih oleh klien.

Sebagai cabang Freelancer di tanah air, Freelancer Indonesia memberikan jangkauan yang luas bagi penggunanya, yakni di seluruh dunia. Sayangnya, pembayaran di Freelancer Indonesia masih melalui kartu kredit atau PayPal. Meskipun demikian, rencananya Freelancer Indonesia juga akan menerapkan pembayaran melalui bank.

17. SribuLancer
SribuLancer merupakan salah satu pemain baru di ranah ini. Situs marketplace ini resmi diluncurkan September tahun lalu. Melalui situsnya, SribuLancer mengklaim sudah memiliki lebih dari 18.800 freelancer terdaftar dengan lebih dari 770 proyek yang dipasang oleh berbagai perusahaan dan individu.

Sama seperti Freelancer Indonesia, SribuLancer juga menyediakan berbagai macam pekerjaan, meski tidak sebanyak dan seluas jangkauan Freelancer Indonesia. Dibanding Freelancer Indonesia, SribuLancer tampak lebih lokal. Ini bisa dilihat mulai dari klien, pekerjaan, sampai sistem pembayarannya. SribuLancer menerapkan pembayaran melalui transfer bank, dimana klien melakukan pembayaran ke rekening Sribulancer yang bertindak sebagai akun rekening bersama. Ini tentu saja lebih cocok dengan pasar di Indonesia yang sebagian besar penduduknya belum memiliki kartu kredit.

18. Projects
Diluncurkan pada November 2014, Projects menawarkan lebih dari sekadar situs untuk mencari atau menawarkan pekerjaan. Selain bisa mendapatkan proyek pekerjaan atau menawarkan jasa, pengguna Projects juga bisa melakukan transaksi jual-beli produk digital di situs ini. Ketersediaan platform jual-beli produk ini merupakan salah satu hal yang membedakan Projects dengan para pesaingnya. Produk-produk digital yang dijual di Projects bervariasi, mulai dari e-book, desain kaos, software, game, template situs, dan produk digital lainnya.


Selain itu, Projects juga menyediakan program Affiliate Referral sebagai alternatif penghasilan pasif bagi pengguna. Pengguna hanya perlu mempromosikan Projects melalui URL yang telah disediakan. Nantinya, Projects bisa melacak siapa saja orang yang mendaftar di situs ini berdasarkan referral tersebut. Jika orang yang baru mend tar tersebut berhasil melakukan transaksi, maka pengguna yang memberikan referral bisa mendapatkan komisi sebesar 10 persen sampai 20 persen (dari komisi yang didapat oleh Projects).

19 Gobann
Gobann sedikit berbeda dengan situs sebelumnya. Situs ini diperuntukkan bagi freelancer atau siapa pun yang ingin menyediakan jasa "apapun" dengan upah Rp50.000. Ya, apapun. Situs ini memiliki dua menu utama yakni Kangtao dan Demand. Kangtao merupakan jasa yang ditawarkan oleh freelancer, sedangkan Demand adalah permintaan jasa dari para klien.

Gobann menyediakan berbagai macam kategori pekerjaan mulai dari IT, programming, jasa penulisan, travel, dan lain sebagainya. Dengan upah Rp50.000, banyak jasa-jasa unik yang ditawarkan oleh para freelancer, mulai dari menawarkan diri untuk menjadi guru spiritual, meniru suara kucing, merapikan kamar dalam satu jam, dan masih banyak lagi. Situs ini menyediakan berbagai metode pembayaran, mulai dari transfer bank, PayPal, KasPay, dan T-Cash.


Baiklah selamat mencobaaa yahhh :))
Mudah mudaha. bermanfaat

Wassalamu'alaykum wr.wb

Artikel terkait:
Kumpulan situs marketplace
https://id.techinasia.com/daftar-website-pencari-kerja-freelancer-indonesia

Bingung cari uang tambahan
http://www.idntimes.com/tita/bingung-cari-tambahan-uang-15-situs-freelancer-ini-bisa-untuk-cari-pekerjaan

Baca juga post lainnya:

4 Komentar

  1. Ya ampun aku cuma tau freelancer sama upwork, n males ngebid karena gak pede sama kemampuan inggrisku, wkwk, boleh dicoba nih yg web indo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks mba @meriskaPW sudah berkunjung :).
      Selamat mencoba, jang lupa reviewnya ya hehhee

      Hapus
  2. Kalo aku sukanya pakai yang no 18: Projects.co.id

    Bid yang di web luar nggak dapet-dapet. Bid yang di web Indo yang satunya lagi jarang banget dapat balasan, nggak tau itu kerjaannya real apa bukan :D

    BalasHapus
  3. Lagi nyari freelance, mampir ke blog teh keshaa daan mencerahkan sekali ^_^ Jazakillah teeeh :)

    BalasHapus