Kestengel aka Kesha's Kastengel

Assalamu'alykum wr,wb

Lebaran sebentar lagi nih (menghitung bulan maksudnya). Waktunya siapin resep buat menyambut hari Raya (masih jauh tapi kan sedia payung sebelum hujan, eh sedia resep sebelum lebaran deng hahah). Kastengel alias si kue keju ini salah satu cookies favorit ku loh. Dan resep yang ku share ini andalan banget, turun temurun lah ya bisa dibilang gitu hehe.
                  
Bahkan kalo belum bikin ini sensasi ramadhannya kurang cetarr kayanya hahah (astagfirullah ). Baiklah yang udah greget, silahkan baca resepnya. Kalo sukses jangan lupa ya tester nya ahiihihihi :D.
Here we go!


Bahan :

– 300 gram tepung terigu protein rendah (kunci biru, tapi karena males ke borma jadi segitiga biru heheheh, lebih enak kunci biru sih mom, cuma segitiga biri ga bikin gagal kok :D).

– 185 gram margarin

– 150 gram keju edam (keju apel, kalo aku kadang 200gr biar lebih berasa kejunya heheh), parut

– 15 gram roombutter

– 3 butir kuning telur

Olesan :

– 75 gram keju cheddar, parut

– 2 butir kuning telur

Cara Membuat :

Pertama-tama kocok roombutter dan margarin hingga lembut, kemudian tambahkan tiga kuning telur satu per satu kedalamnya sambil dikocok hingga merata.
Setelah itu masukkan tepung terigu secara bertahap sambil terus diaduk agar lebih rata, kemudian masukkan parutan keju edam, aduk lagi hingga rata.

Siapkan selembar kertas baking dan letakkan di atas meja datar, bagi adonan menjadi dua bagian dan letakkan salah satu adonan di atas kertas baking, lalu lipatlah sedikit kertas baking hingga adonan kue sedikit tertutupi dan tekan adonan dengan telapak tangan sampai adonan menjadi pipih lalu gilas dengan memakai roller kayu sehingga ketebalan adonan mencapai 1 cm.Letakkan adonan kue di atas loyang yang telah diolesi dengan margarin terlebih dahulu. Lalu olesi bagian atas adonan kastengel dengan kocokan kuning telur dengan kuas, dan taburi dengan parutan keju cheddar diatasnya.

Panggang ke dalam oven dengan suhu 150 derajat celcius selama 30 menit atau hingga berwana kuning kecoklatan. Angkat dan dinginkan.
Masukkan ke dalam toples dan kue kastengel siap untuk dihidangkan.
                 
Mudah kannn?Notes: jangan terlalu lama mengaduk adonan untuk membuat kue kering. Berbeda dengan pembuatan mie dan roti ya. Karena semakin lama di aduk, nanti gluten dalam terigu banyak terbentuk. Dan jika itu terjadi nanti cookie nya kurang renyah. Hehhe


Kali ini ga banyak chit chat ya, lagi bikin kue juga soalnya jadi rada hectic :D.. See u next time

Baca juga post lainnya:

0 Komentar